-->

Sabtu, 11 Agustus 2012

PRINSIP DASAR UMUM PERILAKU


Relevansi Konsep-Konsep Dasar Psikologis dengan Kompetensi Profesional Kependidikan

Pendidikan dalam arti luas mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk interaksi individu dengan lingkungannya, baik secara formal, nonformal, maupun informal, dalam rangka mewujudkan dirinya sesuai dengan tahapan tugas perkembangannya secara optimal sehingga ia mencapai suatu taraf kedewasaan tertentu. Guru yang ideal dapat bertugas sebagai konservator dan inovator, transmitor, transformator, dan organisator.
Dalam arti terbatas pendidikan merupakan salah satu proses interaksi belajar-mengajar dalam bentuk formal yang dikenal sebagai pengajaran. Peran guru dalam konteks ini yaitu sebagai perencana, pelaksana, dan penilai.
Untuk konteks Indonesia, tugas guru perlu ditambahkan lagi yaitu sebagai pengubah perilaku peserta didik. Terdapat beberapa aliran yang berkenaan dengan pengertian atau konsep dasar perilaku, yaitu paham holisme yang menekankan bahwa perilaku itu bertujuan, yang berarti aspek intrinsik dari dalam individu merupakan faktor penentu yang penting untuk melahirkan perilaku tertentu meskipun tanpa adanya perangsang yang datang dari lingkungan, dan paham behavioristik yang menekankan bahwa pola-pola  perilaku itu dapat dibentuk melalui proses pembiasaan dan pengukuhan dengan mengkondisikan sstimulus dalam lingkungan.
Pola urutan mekanisme perilaku: Kebutuhan dirasakan à Dorongan timbul à aktivitas dilakukan à tujuan dihayati.
Garis  besar taksonomi perilaku dari Bloom : 1) Kawasan kognitif, Pengetahuan, Pemahaman, Penerapan, Penguraian, Memadukan, Penilaian. 2) Kawasan afektif, Penerimaan, Sambutan, Penghargaan, Pengorganisasian, Karakterisasi, internalisasin dan penjelmaan. 3) Kawasan konatif, gerakan jasmaniah biasa, gerakan indah, komunikasi nonverbal, dan perilaku verbal.
           Read More…

Tidak ada komentar: