-->

Selasa, 21 Agustus 2012

Jawaban UTS Pengelolaan Pendidikan


Nama              : Alifah Ulfah
NIM                : 1005151
Jurusan          : Pendidikan Teknologi Agroindustri
Mata Kuliah  : Pengelolaan Pendidikan
Dosen              : Dr. H. Yoyon Bahtiar Irianto, M.Pd.

1.        Jelaskan makna istilah-istilah: (a) pendidikan, (b) pengajaran, (c) pelatihan, (d) kebudayaan, (e) peradaban, dan (f) keterkaitan hubungan di antara kelima istilah itu!
Jawab:
a.         Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sumber: UUSISDIKNAS NO. 20 Tahun 2003).
Pendidikan merupakan usaha yang diciptakan lingkungan secara sengaja dan bertujuan untuk mendidik, melatih, dan membimbing seseorang agar dapat mengembangkan kemampuan individu dan sosial.
Sumber:
Komariah, Aan. Et al. 2010. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan Administrasi Pendidikan.

b.      Pengajaran adalah aktivitas atau proses yang berkaitan dengan penyebaran ilmu pengetahuan atau kemahiran yang tertentu. Meliputi perkara-perkara seperti aktivitas perancangan, pengelolaan, penyampaian, bimbingan, dan penilaian dengan tujuan menyebarkan ilmu pengetahuan atau kemahiran kepada pelajar-pelajar dengan cara yang berkesan.

c.       Pelatihan adalah bagian pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat dan dengan metode yang lebih mengutamakan praktek daripada teori, atau pelatihan merupakan aktivitas antara ahli (expert) dan pembelajar (learner) bekerja sama dalam rangka mentransfer informasi secara efektif dari ahli  kepada pembelajar (learner) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keahlian pembelajar sehingga pembelajar dapat menampilkan pengerjaan tugas dan pekerjaan lebih untuk selanjutnya.

d.      Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Sumber:

e.       Peradaban merupakan keseluruhan kompleksitas produk pikiran kelompok manusia yang mengatasi negara, ras, suku, atau agama, yang membedakannya dari yang lain , tetapi tidak monolitik dengan sendirinya. Atau peradaban adalah pencapaian dan pembangunan manusia dalam segala bidang termasuk dalam bidang fisikan ataupun spiritual. Peradaban memiliki berbagai arti dalam kaitannya dengan masyarakat. Seringkali istilah peradaban digunakan untuk merujuk pada suatu masyarakat “kompleks”, masyarakat yang mempraktikan pertanian intensif, memiliki pambagian kerja, dan kepadatan penduduk yang mencukupi untuk membentuk kota-kota. Peradaban dapat juga digunakan dalam konteks luas untuk merujuk pada seluruh atau tingkat pencapaian manusia dan penyebarannya (peradaban manusia atau peradaban global). Istilah peradaban sendiri sebanarnya lebih digunakan sebagai sebuah upaya manusia untuk memakmurkan dirinya dan kehidupannya.
Sumber:

Tidak ada komentar: